Jumat, 13 April 2012

PERLUKAN MERAWAT DAERAH ‘PRIBADI’ KITA ?





Merawat kebersihan daerah ‘pribadi’ (organ seksual, red), mungkin tidak kita lakukan sesering merawat kebersihan organ tubuh lainnya. Padahal kebersihan pada daerah tersebut, juga membutuhkan perhatian yang ekstra pula. Pasalnya pada daerah-daerah organ seksual tersebut, keringat yang dihasilkan cukup berlebih. Alhasil daerah tersebut pun menjadi lebih lembab, sehingga bakteri yang menyebabkan penyakit dan bau tak sedap dapat berkembang-biak dengan baik.

Oleh karena itu, mulai sekarang kita kudu lebih serius menjaga daerah reproduksi kita. Beberapa cara yang dapat kita coba untuk menjaga kebersihannya (alat reproduksi, red), antara lain :

• Mandi secara teratur (2 kali sehari)
• Mencuci bagian luar organ seksual, dengan sabun kulit setiap buang air kecil atau pun air besar.
• Menggunakan air yang bersih untuk mencuci organ reproduksi
• Mengganti celana dalam sehari sekali.
• Memakai pakaian dalam berbahan katun, untuk mempermudah penyerapan keringat.
• Hindari menggunakan pakaian dalam orang lain, untuk menghindari penularan penyakit.
• Mencukur rambut disekitar daerah kemaluan, untuk menghindari tumbuhnya bakteri yang menyebabkan gatal pada daerah reproduksi tersebut.
• Gunakan pakaian dalam sesuai ukuran, tidak terlalu ketat dan terlalu longgar. Untuk membuat kamu merasa nyaman, ketika beraktifitas.

Selain dengan cara-cara tersebut diatas, masih dibutuhkan pula perawatan-perawatan lain yang dibutuhkan alat reproduksi, bergantung pada jenis kelamin.

BAGI CEWEK :
Menjaga Kelembaban Daerah Vagina :
Setelah buang air kecil atau air besar, bersihkan bagian luar daerah vagina secara hati-hati dengan air dan sabun kulit yang lembut. Ketika membersihkannya, sebaiknya menggunakan air hangat.

Mengganti Pembalut Sacara Rutin
Ketika menstruasi gantilah pembalut lima kali sehari, untuk mencegah pertumbuhan bakteri. Pasalnya ketika menstruasi, pembuluh darah dalam rahim sangat rentan terkena infeksi.

Untuk memilih jenis pembalut, sebaiknya gunakan pembalut yang menggunakan campuran zat-zat yang dapat menyebabkan alergi , misalnya gel dan parfum. Selain itu, pilih pembalut yang mampu melekat dengan baik pada pakaian dalam kita.

BAGI COWOK :
Perawatan daerah vital pada cowok, tidak jauh bedanya dengan cewek. Beberapa hal lain yang diperlukan untuk menjaga kesehatan daerah pribadinya :

Khitan/ Sunat
Dengan dikhitan, bakteri dapat lebih mudah dibersihkan setelah buang air kecil. Pasalnya dengan kepala penis terbuka, tidak diperlukan usaha khusus untuk membersihkannya.

Mengeringkan organ vital setelah buang air kecil
Untuk mencegah tumbuhnya jamur pada daerah vital, sebaiknya sebelum memakai pakain dalam. Keringkan terlebih dahulu daerah tersebut, dengan handuk untuk mengurangi kelembaban pada daerah vital tersebut.

Tidak ada komentar: